Selasa, 22 Desember 2009

Pramuka


Gugus Depan 05.127-05.128 Ambalan WiraBhumi Tribuwana Tunggadewi adalah Gerakan Pramuka SMK Negeri 3 Jepara. Kak Drs. Inti Murdaningarso, M.Pd. selaku kepala SMK Negeri 3 Jepara menduduki jabatan Ketua Majelis pembimbing Gugus Depan. Pembina Gudep ambalan Putra Kak didik Setyoko,S.Kom. sedangkan ambalan putri Kak Rini. Hari Ulang Tahun Ambalan diperingati setiapo tanggal 14 Februari. Adat turun temurun terutama Upacara yaitu terdapat Keris Pusaka Wirabhumi tribuwana Tunggadewi, keris tersebut disucikan saat Upacara Hari Ulang Tahun Ambalan, dan digunakan sebagai pembuka dan penutup kegiatan-kegiatan kepramukaan.

AJP (Arena Jelajah Penggalang) merupakan kegiatan kepramukaan bagi adik-adik pengalang yang hanya ada di pangkalan SMK Negeri 3 Jepara, diadakan 2 tahun sekali, guna sebagai tolak ukur kepramukaan tingkat penggalang se-kwarcab Jepara. Yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan acuan semangat meningkatkan kualitas Penegak Ambalan Wirabhumi tribuwana tunggadewi.

Program Kerja Pramuka 2009/2010:

1. Latihan rutin hari jum'at.
Latihan rutin diadakan setiap hari jum'at, latihan dimulai pukul 13.30 s.d. pukul 16.00. Latihan dimulai dengan pemanasan yang dilanjutkan dengan pemberian materi kepramukaan oleh senior-senior pramuka, baik materi praktek maupun teori.

2. Pengambilan Badge Ambalan.
Pengambilan Badge Ambalan dilaksanakan di SMK N 3 Jepara, kegiatan ini diikuti oleh junior sebagai peserta. Badge 'Wira Bhumi' untuk putra dan Badge 'Tri Bhuana Tungga Dewi' untuk 'putri'.

3. HUT Ambalan & Gladian Pramuka.
HUT Ambalan & Gladian Pramuka dilaksanakan pada tanggal 28-29 Maret 2009 di SMK N 3 Jepara. Kegiatan ini diadakan untuk memperingati HUT Ambalan dan untuk mempersiapkan para calon Bantara.

4. Pelantikan Bantara.
Pelantikan Bantara dilaksanakan pada tanggal 15-17 Mei di SMK N 3 Jepara. Kegiatan ini diadakan untuk melantik calon Bantara menjadi Penegak Bantara.

5. Penerimaan Tamu Ambalan & Alih Tingkat.
Penerimaan Tamu Ambalan & Alih Tingkat dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan PERSAMI, yaitu tanggal 18-19 Juli 2009 di SMK N 3 Jepara. Kegiatan ini diadakan untuk menyambut siswa baru dan sebagai simbol pengalihan tingkat dari penggalang ke penegak.

6. HUT Pramuka.
HUT Pramuka dilaksanakan setiap tanggal 14 Agustus. Kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari jadi pramuka.

7. Buka Bersama.
Acara buka bersama diadakan di bulan ramadhan di SMK N 3 Jepara. Acara ini di ikuti seluruh anggota pramuka SMK N 3 Jepara untuk memeriahkan bulan suci ramadhan, serta untuk mempererat tali persaudaraan diantara anggota pramuka.

8. Reorganisasi, Sertijab, dan Pendadaran.
Reorganisasi, Sertijab, dan Pendadaran dilaksanakan pada tanggal 09 Nopember 2009 di SMK N 3 Jepara. Kegiatan ini diadakan untuk reorganisasi dan serah terima jabat5an dari pengurus lama kepada pengurus baru.

9. Pengambilan Topi Pet.
Pengambilan Topi Pet dilaksanakan setelah pengurus baru menjadi penegak bantara. Topi ini menunjukkan identitas anggota dan ambalan.

10. Musyawarah Ambalan.
Musyawarah Ambalan merupakan rapat dewan ambalan yang dilaksanakan satu bulan sekali.

11. Raimuna Cabang.
Raimuna Cabang merupakan pesta pramuka penegak di tingkat cabang yang diadakan oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) dibawah naungan Kwartir Cabang Jepara. Peserta diambil dari pramuka penegak se-kwarcab Jepara.

12. Survival.
Survival diadakan pada tanggal 26-30 Juni 2009 di Bumi Perkemahan Pakis Adhi. Survival merupakan lomba kepramukaan tingkat penegak di Kwartir Cabang Jepara yang diadakan 2 tahun sekali.

13. Ajang Jelajah Penggalang (AJP).
Ajang Jelajah Penggalang (AJP) akan dilaksanakan pada tanggal 14 Pebruari di SMK N 3 Jepara. Ajang Jelajah Penggalang (AJP) merupakan program kerja dari ambalan Wira Bhimu Tri Bhuana Tungga Dewi sebagai ajang lomba kepramukaan di tingkat penggalang. Peserta diambil dari pramuka penggalang se-Kwartir Cabang Jepara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by NdyTeeN