Selasa, 22 Desember 2009

Teater BOSAS

Balkon Teater Sastra atau lebih akrab disebut dengan "BOSAS" adalah komunitas teater di SMK Negeri 3 Jepara mulai berdiri sejak tahun 1989 sebagai komunitas teater sekolah yang paling dahulu dibanding dengan komunitas-komunitas teater sekolah di kabupaten jepara, dan dijadikan sebagai panutan karena bisa dianggap sebagai sesepuh menurut istilah jawanya. Pencetus nama teater BOSAS adalah Bapak Kasno salah satu guru bahasa Inggris di SMK negeri 3 Jepara dulu dan sekarang beliau mengampuh di SMK N 1 Kalinyamatan. Teater BOSAS merupakan wadah bagi siswa-siswi SMK Negeri 3 Jepara untuk menggali dan mengembangkan jiwa seni yang ada dalam diri masing-masing serta sebagai wadah pencarian jati diri.

" Utamakan Proses " merupakan kunci kesuksesan Teater BOSAS. Berbagai prestasi telah diraih terutama Drama dan Puisi. Teater BOSAS mengutamakan kekeluargaan, kesuksesan teater BOSAS tidak lepas dari jerih payah para X-BOSAS panggilan akrab alumni BOSAS. Bupati Jepara Hendro Martojo,M.M kerap kali menghadiri acara pementasan yang diadakan Teater BOSAS, terakhir pada acara Puitika Ramadhan sekaligus HUT BOSAS ke- tahun 2009 berlangsung spektakuler.

Program Kerja :

1. Latihan Rutin Hari Rabu
Latihan rutin setiap hari rabu diawali dengan pemanasan, senam muka, senam mata, kumur udara, pernapasan, vokal, emosi. kemudian dilanjutkan variasi latihan.

2. Puitika Ramadhan
Puitika Ramadhan sudah berjalan kedua kalinya dan selalu dihadiri Bapak Bupati Hendro Martojo, M.M. kegiatan yang terakhir berlangsung pada tanggal 11 September 2009 acara berlangsung meriah karena sekalian merayakan HUT Teater BOSAS dengan simbol Kue tar dan sebelumnya dengan kembang api.

3. HUT BOSAS
Bosas lahir tahun 1989. Dan sekarang telah mencapai umur yang cukup tua yaitu HUT ke-20. untuk yang terakhir dibarengkan dengan Puitika Ramadhan yang tertata rapi untuk penyusunan acara, sehingga acara terlihat mewah walau dengan fasilitas seadanya.

4. Reorganisasi
Reorganisasi BOSAS adalah penyerahan tongkat kepemimpinan dari KEBO ( ketua Bosas ) lama kepada KEBO ( ketua Bosas ) baru yang terpilih. dilaksanakan setahun sekali. terakhir pada tanggal 4 Nopember 2009.

5. Pentas Akhir Tahun
Akan diakan Pentas Akhir Tahun yang ke-dua nanti pada tanggal 26 Desember 2009, yang sebelumnya telah dilaksanan pada tahun 2008 tepatnya pada tanggal 27 Desember 2008. Acara ini dinamakan "Malam Ekspresi Akhir Tahun".

6. Pengambilan Kaos dan Syal
Pengambilan kaos bagi kelas XI dan pengambilan syal bagi kelas XII sedulur BOSAS SMK Negeri 3 Jepara. pada malamnya diadakan Pentas, dan paginya workshop.

7. PemilihanAktor Aktris
Setiap tahun diadakan pemilihan aktor dan aktris terbaik yang menilai adalah dari alumni dan dari kelas XII. Sebagai simbolis diadakan sebuah acara khusus untuk pemilihannya.

8. Tour 3 Kota
Tour 3 kota yang menjadi target adalah Demak, Kudus, Pati. Demak dan kudus telah terlaksana. Namun untuk Pati belum terealisasi. 8-9 Maret 2009 Teater BOSAS meluncur ke Kudus agenda ke-2 setelah dari Kedungmutih Demak tepatnya di daerah Colo, yaitu di Balaidesanya. Teater BOSAS mengajak Teater Eling PMII dan Teater Hati Stienu. Di sana digelar pentas oleh tiga komunitas Teater. Syukur nebdapat respon baik dari warga sekitar. Paginya menuju Air Terjun "MONTEL" untuk melaksanakan workshop. Yang dipimpin oleh Mas Ngateman selaku Pembina Teater BOSAS. Teater Eling dan Hati pun mengikuti acara tersebut.

9. Partisipasi Kesenian
Bentuk Partisipasi kesenian Teater BOSAS seperti : Mengikuti Festival Teater contohnya Java On Stage "JOS 2009" di INISNU Jepara "Teater Tuman". Mendatangi Undangan-undangan mengisi hiburan Pernikahan, Walimatul Khitan, dsb. Baca Puisi Kenang W.S. Rendra di Alun-alun Jepara. dll.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

waw ku ingin bergabung dan menyatu.

Posting Komentar

 

Template by NdyTeeN