Rabu, 23 Desember 2009

OSIS

OSIS (organisasi siswa Intra sekolah) SMK Negeri 3 Jepara merupakan organisasi dalam naungan kesiswaan mengatur dan mengurus kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan siswa-siswi SMK Negeri 3 Jepara membantu kesiswaan dalam melayani kepentingan siswa-siswi seperti pembuatan kartu OSIS, pembagian kalender, dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang tercantum dalam program kerja setiap tahunnya. masa bhakti satru periode adalah satu tahun pelajaran dan diakhiri dengan reorganisasi serta Latihan dasar kepemimpinan siswa bagi pengurus yang baru dilantik guna memberikan modal untuk menjalankan dan mengembangkan organisasi.
Program kerja :
  • Upacara bendera hari Senin dan hari-hari besar lainnya.
Untuk Petugas Upacara diambil dari anggota passus dan calon anggota passus serta digilir tiap kelas mulai dari kelas X sampai kelas XII.
  • Idul Adha ( kurban )
Idul Adha adalah hari besar umat islam dimana dalam sejarah nabi Ibrahim diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putranya yaitu nabi Ismail, dan kemudian Allah menggatinya dengan hewan, maka sampai sekarang umat islam memerintahkan orang yang mampu untuk menyembelih hewan kurban ( kambing, sapi, kerbau, unta ) untuk dibagikan kepada fakir miskin atau orang yang kurang mampu. Maka OSIS SMK Negeri 3 Jepara menjadikan kurban sebagai agenda tahunan dan penggalangan dana dari iuran siswa-siswi SMK Negeri 3 Jepara. OSIS SMK Negeri 3 Jepara baru saja melaksanakan program tersebut beberapa waktu kemarin 29 nopember 2009. Penyembelihan dilaksanakan dibelakang lapangan basket, mulai pagi hari hingga siang kemudian dilanjutkan pembagian daging kurban.
  • Penglepasan Kelas XII
Upacara penglepasan sekaligus perpisahan kelas XII setelah menempuh ujian akhir dan menyandang gelar LULUS dan sebagai penyerahan kembali siswa-siswi kepada para orang tua/wali siswa dari bapak ibu guru SMK Negeri 3 Jepara. tahun 2009 kemarin SMK Negeri 3 Jepara berhasil dengan presentae lulus 100 %. dan acara pengelepasan digelar pada 17 Juni 2009. Besar harapan seluruh warga SMK Negeri 3 Jepara pada tahun juga dapat meraih presentase lulus 100 % kembali. Dan acara penglepasan dapat berlangsung lebih meriah dan mewah.
  • Maulud Nabi Muhammad SAW
Peringatan hari lahirnya nabi Muhammad SAW merupakan agenda tahunan bagi OSIS SMK Negeri 3 Jepara sebagai bentuk penghormatan kepada Rasul Panutan Umat Muslim.
  • Isra' Mi'raj
Isra' Mi'raj juga merupakan agenda tahunan OSIS SMK Negeri 3 Jepara sebagai bentuk peghormatan kepada nabi Muhammad yang telah diisra' dan mi'raj kan oleh Allah SWT dan mendapatkan amanat untuk menjalankan shalat lima waktu.
  • Peringatan Hari Kemerdekaan dan Karnaval
Setiap memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia diwajibkan melaksanakan Upacara 17 Agustus secara serempak se-Indonesia sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa dan mengenang para pahlawan yang telah memperjuang tanah air kita. Di Kabupaten Jepara setiap tahun mengadakan karnaval Kemerdekaan peserta mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat. namun untuk tingkat SMP, SMA dan sederajat biasanya dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2009. Maka OSIS membentuk kepanitiaan 17-an dengan dua ketua panitia yaitu panitia dalam dan panitia dan panitia luar. Ketua Panitia dalam bertanggung jawab atas kegiatan dalam lingkup sekolah atau intern seperti Upacara 17 Agurtus, lomba-lomba, dsb. Untuk Ketua Luar bertanggung jawab atas kegiatan Karnaval mulai dari persiapan hingga pelaksanaan dan kedua harus membuat laporan pertanggungjawaban.
  • Reorganisasi
Reorganisasi dijadikan sebagai moment pengalihan tanggungjawab dari pengurus lama ke pengurus baru. OSIS SMK Negeri 3 Jepara tahun kemarin yang dilaksanakan tanggal 26 Oktober 2009 mengubah sistem berjalan ke kelas-kelas menjadi sistem TPS seperti pemilihan presiden peserta dari seluruh warga SMK Negeri 3 Jepara baik siswa, guru, dan Tukang kebun. Ada dua TPS yaitu di lapangan Volly dan Lapangan Basket, syukur karena baru tahap percobaan acara dapat berjalan dengan lancar dan dengan persiapan yang matang dengan lembuar pembuatan suara pemilu ketua osis hasil adaptasi Pemilu Presiden terakhir. setelah dhuhur dilanjutkan penghitungan suara di Aula SMK Negeri 3 Jepara. Dihadiri oleh Waka kesiswaan dan Pembina OSIS serta beberapa guru yang bersedia menghadiri acara penghitungan suara tersebut.
  • LDKS
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ) merupakan rangkaian kegiatan OSIS SMK Negeri 3 Jepara setelah diadaka reorganiasasi dan pelantikan pengurus baru. Kepanitiaan diambil dari aktivis kelas XII ekstrakurikuler namun dominan adalah pengurus OSIS lama. Peserta adalah seluruh Pengurus OSIS baru dan perwakilan setiap EKSTRA. LDKS terakhir dilaksanakan pada tanggal 7-8 Nopember di Kampus Tercinta SMK Negri 3 Jepara yaitu LDKS XII.
  • MOS
Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan hal yang wajib ada untuk memperkenalkan siswa-siswi baru pada sekolah yang baru dilaksanakan pada hari pertama masuk biasanya selama tiga hari pertama dengan struktur kepanitiaan dari anggota PASSUS dan sebagian pengurus OSIS.
  • Persami
Perkemahan Sabtu Minggu ( persami ) merupakan rangkaian acara setelah MOS namun pelaksana sangga kerjanya dari Anggota Pramuka Penegak Bantara dan anggota PMR Wira yang baru dilantik, dan didalamnya diadakan Upacara alih tingkat baik Pramuka maupun PMR.
  • Kuliah Ahad Pagi
Sebagai bentuk acara kerohanian berisi shalat dhuha, pembacaan asmaul husna, dan ceramah dari pembina kerohanian atau guru pendidikan agama islam. kegiatan dimulai dari jam 07.00 WIB setiap hari minggu dan peserta diambil dari siswa-siswi SMK Negeri 3 Jepara sendiri dengan dibuatkan jadwal dari pengurus OSIS.
Jum'at Beramal
jum'at beramal sudah berjalan hampir dua tahun, dana yang terkumpulkan adalah dana seikhlasnya dari seluruh siswa-siswi SMK Ngeri 3 Jepara yang dikumpulkan setiap hari jum'at.
  • Mading
Komunitas mading disebut dengan SMEADING untuk sekarang ini yang mengelola adalah pengurus OSIS kelas X. Diupdate satu minggu sekali. Sebagai ajang pengembangan kreativitas siswa-siswi SMK Negeri 3 Jepara. yang terbaik akan dipasang di Majalah dinding SMK Negri 3 Jepara.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by NdyTeeN